Senin, 28 Maret 2016

4 Teknik Membuat Cake

Sebelum kita mempraktekan membuat cake, alangkah baik nya kita mengetahui jenis teknik nya. Ada 4 teknik cara membuat cake, diantaranya sebagai berikut : 
  1. Teknik Butter Cake : Teknik pembuatan cake yang menghasilkan cake dengan rasa yang gurih dan mengenyangkan, karena menggunakan mentega yang tidak di cairkan dengan jumlah yang agak banyak dari cake lainnya. Mentega tersebut langsung di mix/kocok bersama gula kastor (gula pasir yang butirannya halus), agar mempermudah pengocokan gula menjadi hancur. Tambahkan telur satu persatu cukup setengah saja dari jumlah telur yang digunakan, setelah itu sisa telur bisa di masukan bergantian dengan tepung terigu. Pengocokan tidak boleh dilakukan terlalu lama, karena bisa over mix, agar tepung tidak elastis/mengaret seperti adonan roti dan agar cake tidak banyak beremah. Jenis butter cake antara lain ; marmer cake, devil food cake, sachertorte. 
  2. Teknik Sponge Cake : Teknik pembuatan cake yang paling ekonomis dan di rasa paling mudah, cake ini populer disebut dengan kue bolu. Hasil cake nya lebih ringan daripada butter cake karena menggunakan mentega cair. Caranya mix telur hingga berbusa, kemudian masukkan gula sedikit demi sedikit. Mix terus dengan menaikkan speed secara bertahap hingga mengembang. Ayak tepung di atas adonan bersama bahan kering lain nya seperti baking powder, soda kue, vanilli bubuk dan garam, aduk rata dengan spatula. Baru kemudian masukan mentega cair dan bahan cair nya seperti coklat leleh dan susu kental manis, aduk balik adonan jangan over/terlalu lama. Tuang adonan ke loyang, kemudian hentak-hentakkan loyang agar adonan padat. Jenis sponge cake antara lain ; mouse cake, taiwan cake, blackforest, opera cake.
  3. Teknik Kombinasi antara Butter Cake dan Sponge cake : Pada teknik kombinasi, cake ini memerlukan banyak telur dan mentega/margarine. Menghasilkan cake yang lembut dan gurih. margarin dan sebagian gula di mix bersamaan hingga gula hancur. Sisa gula di mix bersama telur di tempat terpisah. Tepung dimasukan ke kocokan margarin, lalu campur dengan kocokan telur yang sudah mengembang. Teknik ini bisa digunakan untuk membuat bolu gulung agar tekstur cake padat namun lentur dan tidak mudah patah saat di gulung. Selain bolu gulung ada jenis lapis surabaya, lapis legit dan moscovish cake.
  4. Teknik Chiffon Cake : Teknik pembuatan cake yang tidak mengenyangkan karena hasil cake nya ringan. Prosedurnya agak unik, putih telur di mix hingga kaku bersama sedikit cream of tar-tar dan gula pasir. Sementara kuning telur di mix dengan bahan-bahan lain di wadah terpisah. Baru keduanya digabungkan. Pembuatan cake ini memakai minyak sayur. Contohnya ; ogura cake.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar